Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Program Supervisi Pendidikan, Paud/TK, SD, SMP, dan SMA



Supervisi pada pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pemberian bantuan dan pembinaan kepada guru dan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pembelajaran pada pendidikan anak usia dini.


Apa yang dimaksud dengan program supervisi?

Menurut Good Carter (dalam Sahertian, 2008: 17) bahwa program supervisi adalah rencana atau usaha dari petugas-petugas sekolah dalam memimpin guru-guru dan petugas–petugas lainnya dalam memperbaiki pengajaran, termasuk menstimulasi, merevisi tujuan-tujuan pendidikan, bahan pengajaran, metode, dan evaluasi pengajaran.


Apa isi program supervisi pendidikan?

Program supervisi yang baik berisi kegiatan untuk meningkatkan kemampuan profesional guru dalam hal: 1. Kemampuan menjabarkan kurikulum ke dalam program semester. 2. Kemampuan menyusun perencanaan mengajar atau satuan pelajaran. 3. Kemampuan melaksanakan kegiatan belajar dengan baik.


Jelaskan apa yang dimaksud dengan program supervisi pendidikan?

Secara sematik Supervisi pendidikan adalah pembinaan yang berupa bimbingan atau tuntunan ke arah perbaikan situasi pendidikan pada umumnya dan peningkatan mutu mengajar dan belajar dan belajar pada khususnya.


Apa gunanya supervisi pada lembaga PAUD?

Manfaat supervisi satuan PAUD dan Dikmas adalah memberikan informasi, pemahaman dan dorongan kepada satuan PAUD LKP PKBM untuk meningkatkan mutu penyelenggaraan satuan dan program PAUD dan Dikmas sesuai dengan kebijakan yang berlaku.


Apa saja kegiatan supervisi yang anda ketahui?

Kegiatan supervisi bisa dilakukan secara efektif, seperti kunjungan kelas, diskusi kelompok, pembinaan individual, serta simulasi pembelajaran.


Langkah langkah dalam melakukan supervisi?

pelaksanaan supervisi dilaksanakan melalui tiga tahap yaitu:

1. Perencanaan. Kegiatan perencanaan mengacu pada kegiatan identifikasi permasalahan. ...

2. Pelaksanaan. Kegiatan pelaksanaan merupakan kegiatan nyata yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan kemampuan Pendidik. ...

3. Evaluasi.

4. Tindak Lanjut.


Apa tujuan dari program supervisi pendidikan?

Tujuan Supervisi : Meningkatkan kesadaran guru serta warga sekolah lainnya terhadap tata kerja yang demokratis dan kooperatif. Membantu guru untuk dapat mengevaluasi aktivitasnya dalam konteks tujuan aktivitas perkembangan peserta didik.


Kapan program supervisi disusun?

Penyusunan program supervisi dilakukan pada setiap awal tahun ajaran melalui kegiatan rapat dengan melibatkan seluruh personel sekolah.


Apa itu program supervisi guru?

Supervisi pengajaran merupakan bantuan yang diberikan kepada guru untuk mengembangkan kemampuannya dalam meningkatkan kualitas proses belajar mengajar di kelas. Kegiatannya dilakukan melalui beragam teknik, baik individual maupun kelompok.


Post a Comment for "Contoh Program Supervisi Pendidikan, Paud/TK, SD, SMP, dan SMA"