Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Penyusunan RPPH Usia 23 Tahun Dan 3-4 Tahun K-13 Lengkap

Rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) merupakan rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar. Di dalam pembuatan rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik (usia, sosial budaya, dan kebutuhan individual) anak.


Rencana pelaksanaan pembelajaran PAUD harus dibuat sebelum pelaksanaan pembelajaran.

Dokumen 2 berisi perencanaan program semester (Prosem), rencana pelaksanaan pembelajaran mingguan (RPPM), dan rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH) yang dilengkapi dengan rencana penilaian perkembangan anak. Format RPPH PAUD sesuai Kurikulum 2013

Cara Penyusunan RPPH
  1. Disusun berdasarkan kegiatan harian.
  2. Kegiatan harian berisi kegiatan pembuka, inti, dan penutup.
  3. Pelaksanaan pembelajaran dalam satu hari dilaksanakan sesuai dengan prinsip pembelajaran PAUD.
  4. Penyusunan kegiatan harian disesuaikan dengan kondisi satuan pendidikan masing-masing dan menggunakan pendekatan saintifik.
  5. Kegiatan harian dapat dibuat oleh satuan pendidikan dengan format sesuai kebutuhan masing-masing.
Halaman ini menyajikan download RPPH Kelompok Bermain usia 2-3 tahun Semester 1 Minggu ke 1 s.d 8 sesuai Kurikulum 2013 PAUD. Untuk minggu berikutnya adalah :

Program pembelajaran PAUD baik tahunan, semester, mingguan, maupun harian tujuannya adalah mengoptimalkan perkembangan anak secara menyeluruh serta terjadinya komunikasi interaktif.

Program atau rencana pembelajaran akan membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, keterampilan, dan kreativitas yang dibutuhkan oleh anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan pada tahapan berikutnya.

RPPH Kelompok Bermain 2-3 Tahun Semester 1 Minggu ke 1-8
Pengertian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian RPPH adalah sebuah acuan untuk mengelola kegiatan bermain dalam satu hari. Manfaat RPPH adalah guna memberikan panduan dalam menyiapkan kegiatan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan anak.

Dengan kata lain, penyusunan RPPH harus disesuaikan dengan tahap perkembangan anak. Rencana pembelajaran yang tidak sesuai dengan perkembangan anak akibatnya akan kurang memberikan manfaat pada perkembangan anak.



Sebagai contoh: anak usia 2 tahun yang sudah bisa berjalan lancar jika diberi rencana pembelajaran yang berisi latihan berdiri maka tidak akan menantang anak untuk berkembang lebih lanjut. Sebaliknya berilah rencana pembelajaran yang berisi mengenal warna dan berdiri dengan satu kaki maka anak akan berkembang.

Download Contoh RPPH KB 2-3 Tahun Semester 1 Kurikulum 2013
Ayah bunda dapat download contoh RPPH Kelompok Bermain 2-3 tahun (KB-A) semester 1 Kurikulum 2013 untuk minggu ke-1 s.d 8 melalui link tautan yang disediakan di bawah ini.

Perencanaan harian (RPPH) disusun sebagai acuan pelaksanaan pembelajaran  oleh karena itu penyusunan RPPH harus dipastikan dapat diterapkan dalam pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini.

Bagaimana agar perencanaan dapat dilaksanakan? Jawabnya adalah dengan memperhatikan sumber daya yang ada mulai dari SDM, sarana prasarana, lingkungan/ muatan lokal, dan kesesuaian dengan tahapan perkembangan anak.

Link Download RPPH KB Semester 1
RPPH Kelompok Bermain 2-3 tahun semester 1 minggu ke 1 s.d 8 dimulai dari orientasi:

  1. RPPH KB-A SMT1 Minggu 00 – Orientasi, Dapatkan Disini
  2. RPPH KB-A SMT1 Minggu 01 – Identitas Diri, Dapatkan Disini
  3. RPPH KB-A SMT1 Minggu 02 – Anggota Tubuh, Dapatkan Disini
  4. RPPH KB-A SMT1 Minggu 03 – Panca Indera, Dapatkan Disini
  5. RPPH KB-A SMT1 Minggu 04 – Sekolahku, Dapatkan Disini
  6. RPPH KB-A SMT1 Minggu 05 – Alat Main, Dapatkan Disini
  7. RPPH KB-A SMT1 Minggu 06 – Guru dan Teman, Dapatkan Disini
  8. RPPH KB-A SMT1 Minggu 07 – Bangunan Rumah, Dapatkan Disini
  9. RPPH KB-A SMT1 Minggu 08 – Ruangan Rumah, Dapatkan Disini
Preview Dokumen RPPH KB Semester 1

Untuk preview dokumen kami sajikan minggu pertama saja, selebihnya formatnya sama cuma isinya berbeda ya!

Contoh RPPH PAUD KURIKULUM 2013 atau KURTILAS, Kalau Ayah Bunda dan bapak ibu sahabat dunia paud mau mengetahui seperti apa format rpph silahkan lihat di artikel berikut dan download filenya :

RPPH PAUD MODEL KELOMPOK KURIKULUM 2013 TEMA DIRIKU.docx
RPPH PAUD TEMA DIRI SENDIRI KURIKULUM 2013.docx

semoga bermanfaat salam duniapaud

Post a Comment for "Cara Penyusunan RPPH Usia 23 Tahun Dan 3-4 Tahun K-13 Lengkap"